Tips : Cara Menjaga Kesehatan Mata

Unknown | 12:54 AM | 1comments |
Views:
Tips : Cara Menjaga Kesehatan Mata, Tips Menjaga Kesehatan Mata, Cara Menjaga Kesehatan Mata, Cara : Tips Menjaga Kesehatan Mata, Menjaga Kesehatan Mata, Jaga Kesehatan Mata, Jaga Kesehatan Mata Anda, Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata, Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Mata, Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata, Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Pola hidup setiap orang di zaman yang serba modern dan kecanggihan teknologinya saat ini semakin menuntut manusia untuk selalu bekerja ekstra dengan pekerjaan yang berhubungan dengan beberapa indera yang dimiliki oleh manusia seperti halnya mata.

Sebagai contoh kecil adalah orang yang memiliki pekerjaan sebagai seorang kasir, di mana seorang kasir selalu dituntut dan dihadapkan dengan segala pekerjaan yang selalu menggunakan komputer. Bekerja dengan komputer sudah pasti membutuhkan ketelitian mata kita apalagi sebagai seorang kasir harus sangat jeli dan teliti jangan sampai salah dalam melakukan input data ke dalam komputer. Hal ini tentu saja membutuhkan tenaga ekstra dalam menggunakan mata mereka.

Nah dari sini, kita bisa mengetahui bahwa jika mata yang kita gunakan harus selalu dijaga kesehatannya agar mata kita selalu sehat tanpa ada gangguan. Karena penggunaan mata yang berlebihan akan menyebabkan stres terhadap mata yang di mana hal ini tanpa kita sadari sebelumnya. Bisa kita lihat saat ini bahwa jumlah pemakai kacamata setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini tentu saja dikarenakan mereka kurang mengerti dan tidak paham tentang cara menjaga kesehatan mata atau tips menjaga kesehatan mata sehingga menimbulkan gangguan terhadap mata mereka.

Oleh karena itu, mumpung gangguan mata belum menjangkiti mata Anda, maka perlu Anda ketahui beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata atau beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan agar mata Anda selalu sehat tanpa ada gangguan mata yang menghinggapi mata Anda. Berikut ini Tips : Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Anda semua.

1. Periksakan Mata Setiap 1 Tahun
Masalah penglihatan pada mata yang tidak segera ditangani secara khusus akan berkembang semakin parah. Sebaiknya hindarilah pengguna lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi sesuai untuk mata Anda. Ini semua dikarenakan akan semakin menyebabkan masalah pada penglihatan Anda dan menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu periksakanlah mata Anda paling tidak satu kali dalam kurun waktu satu tahun untuk selalu mengecek kondisi kesehatan mata Anda.

2. Gunakan Kacamata Anti-UV
Sinar UV [Ultra Violet] dapat menyebabkan kerusakan yang serius terhadap mata kita. Kacamata Anti-UV atau kacamata anti ultra violet bisa mencegah hal ini. Jadi tips yang bisa Anda lakukan adalah pastikan bahwa dalam memilih dan membeli kacamata harus yang mampu memantulkan atau mengembalikan pantulan paling tidak 98% dari jumlah radiasi UV yang masuk ke mata.

3. Berikan Nutrisi untuk Mata
Beberapa hasil studi baru-baru ini menunjukkan sebuah hasil bahwa vitamin dan kelompok antioksidan bisa mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan juga pertumbuhan katarak. Jadi dengan memberikan nutrisi tepat yang baik bagi tubuh juga berarti baik untuk mata Anda. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung beberapa vitamin dan oksidan yang sangat membantu dan berguna untuk kesehatan mata Anda seperti vitamin A yang bisa kita dapatkan dari buah wortel.

4. Gunakan Cahaya yang Cukup
Kita semua mungkin secara tidak sadar mengetahui bahwa bekerja dengan pencahayaan yang kurang akan menyebabkan kelelan pada mata. Dan juga sebaliknya, jika kita bekerja dengan pencahayaan yang terlalu terang juga tidak baik untuk mata kita. Jadi jika kita bekerja dengan komputer, arah cahaya yang terbaik adalah dari lampu meja dengan cahaya lembut dari arah samping. Selain itu kurangi tingkat ketajaman [brightness] monitor komputer Anda. Warna yang dihasilkanpun memang tidak terlalu tajam, akan tetapi akan membuat nyaman mata kita ketika kita sedang bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama.

5. Istirahatkan Mata Kita
Semua orang pasti akan merasa mata mereka menjadi tidak nyaman setelah selama seharian mereka bekerja di depan layar komputer. Kenapa hal ini bisa terjadi, iya karena pada saat kita bekerja di depan layar monitor komputer, intensitas kedipan mata adalah 25% lebih sedikit jika dibandingkan dari intensitas kedipan mata biasanya sehingga hal ini akan menyebabkan mata Anda menjadi kering. Satu hal kecil yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengedipkan maya dan menghitungnya 5 kali atau kurang lebih 5 detik sebelum Anda membuka mata Anda kembali. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah berpalinglah dari layar monitor dan fokuskan pandangan Anda kepada suatu objek yang jauh. Hal ini bisa Anda lakukan selama beberapa menit dalam waktu 30 menit sekali.

6. Cari dan Beli Lensa Kontak yang Berkualitas
Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak perlu juga Anda ketahui bahwa tidak semua lensa kontak memiliki kualitas yang baik. Karena ada lensa kontak yang baik dan aman untuk mata Anda dan ada juga lensa kontak yang tidak baik dan aman untuk Anda gunakan pada mata Anda. Jadi sebaiknya cari dan beli lensa kontak di tempat-tempat yang terpercaya atau bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis mata Anda.

7. Rawatlah Lensa Kontak dengan Baik
Lensa kontak yang Anda pakai pada mata Anda ternyata harus kita rawat dengan baik terutama kebersihannya karena merawat lensa kontak tidaklah rumit dan merepotkan. Jadi setiap kali Anda memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, jangan lupa untuk selalu membilasnya sampai benar-benar bersih. Selain itu, Anda juga disarankan untuk selalu mengganti cairannya ketika Anda meletakkan lensa kontak di tempatnya pada saat akan tidur di malam hari.

8. Pakai Lensa Kontak Sesuai Jadwal
Bagi sebagian orang, mungkin dengan menggunakan lensa kontak mereka bermaksud dan berniat untuk berhemat dalam menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu yang lama daripada waktu yang telah ditentukan. Tentu saja hal ini bukanlah suatu hal yang baik, karena meski kualitas dari lensa yang Anda gunakan tidak akan berkurang akan tetapi tumpukan protein juga bisa mengaburkan penglihatan Anda terutama bagi para pengguna lensa kontak. Maka dari itu, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah semakin lama Anda menggunakan lensa kontak, maka akan semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

9. Gunakan Kaca Filter pada Monitor
Bagi Anda semua khususnya yang selalu bekerja di depan layar monitor komputer, gunakanlah filter pada monitor Anda. Dengan menggunakan filter glass monitor pada layar monitorAnda , maka secara otomatis akan mengurangi sinar yang menyilaukan serta radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor komputer. Kalau perlu bicarakan dengan vendor perlengkapan komputer Anda untuk mendapatkan filter glass monitor yang sesuai dengan monitor Anda sehingga mampu mengurangi pengaruh radiasi layar monitor secara maksimal dan bukannya hanya memiliki kemampuan untuk meredupkan cahaya yang dipancarkan oleh layar monitor Anda.

Nah itulah tadi beberapa tips dan cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan dan Anda terapkan pada aktifitas Anda sehari-hari. Selalu tekankan pada diri Anda sendiri bahwa Anda mempunyai aset yang sangat berharga untuk selalu dijaga kesehatan dan kemampuannya yakni mata Anda. Anda juga bisa mengetahui beberapa cara menjaga kesehatan pada artikel yang sudah saya tulis sebelumnya di blog Berita Terkini.
Description: Tips : Cara Menjaga Kesehatan Mata
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Tips : Cara Menjaga Kesehatan Mata
Share this article :

1 comments:

Obat Kesehatan Mata Herbal Alami said...

terima kasih tipsnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo! | Bing | Wikipedia
Copyrights © 2012-2013 Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Modified by Berita Terkini
Proudly Powered by Blogger