Cara Menghitung Usia Kehamilan Online

Unknown | 10:21 PM | 0 comments |
Views:
Menghitung Usia Kehamilan, Menghitung Usia Kehamilan Online, Cara Menghitung Usia Kehamilan, Cara Menghitung Usia Kehamilan Online, Kalkulator Kehamilan, Kalkulator Usia Kehamilan, Kalkulator Penghitung Kehamilan, Kalkulator Penghitung Usia Kehamilan

Menghitung Usia Kehamilan - Kehamilan merupakan suatu anugerah dan akan menjadikan sebuah kebahagiaan bagi suatu keluarga dikarenakan hadirnya si buah hati dari hasil pernikahan mereka. Apalagi bagi para pengantin baru, ketika seorang istri melakukan tes kehamilan dengan alat tes kehamilan dan ternyata hasilnya adalah positif hamil, maka merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi seorang suami dan juga keluarga besar mereka.

Akan tetapi masalahnya, banyak para wanita yang kurang mengerti tentang bagaimana cara untuk menghitung usia kehamilan. Karena biasanya jika wanita sedang berhenti "men" maka hal tersebut selalu dihubungkan dengan pemikiran bahwa mereka sedang hamil. Padahal jika para ibu mengetahui usia kehamilan mereka, maka dengan mudah mereka akan bisa mengontrol dan mengetahui perkembangan atau pertumbuhan apa yang sedang terjadi pada janin mereka, serta kebutuhan apa yang diperlukan oleh janin mereka. Selain itu, dengan mengetahui usia kehamilan, maka seorang ibu hamil bisa mengetahui kapankah mereka harus memeriksakan dan mengontrol kandungan mereka baik itu ke dokter, dokter ahli ataupun bidan dengan harapan kehamilan yang sedang mereka jalani menjadi sehat.

Selama ini, para ibu hamil biasanya pasrah dan bergantung pada apa yang dikatakan oleh dokter, dokter ahli atau bidan perihal usia kehamilan mereka karena memang hal ini juga merupakan sebuah anjuran demi tepatnya usia kehamilan. Ada juga yang melakukan USG dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan cara mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ukuran jantung, dan ginjal untuk mengetahui usia kehamilan mereka. Meski semua langkah di atas juga perlu kita lakukan demi untuk mengetahui ketepatan usia kehamilan, akan tetapi tidak ada salahnya jika para ibu hamil juga menghitung sendiri usia kehamilannya dengan cara sebagai berikut :


Ini hanya bisa dilakukan bagi para ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur yakni 28 - 30 hari. Untuk memperkirakan usia kehamilan berdasarkan HPHT bida menggunakan rumus Naegele yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan dan juga mengetahui hari perkiraan lahir [HPL]. Cara menghitung usia kehamilan dengan cara ini sangatlah mudah yakni tambakan tanggal pertama dari haid terakhir dengan angka 7, kemudian kurangi bulan dengan angka 3 dan tambahkan tahunnya dengan angka 1. Dan jika bulan anda terakhir haid tidak bisa dikurangi dengan angka 3 seperi januari, februari dan maret maka tambahkan dengan angka 9 bulan di mana Anda terakhir haid dengan syarat tahunnya tetap atau tidak ditambah dan tidak dikurangi.
Contoh :
21 - 10 - 12
 +      -      +
7       3      1
28 - 07 - 13 [ini merupakan Hari Perkiraan Lahir (HPL)]

Kesimpulan :
Jadi perkiraan tanggal kelahiran Anda adalah pada tanggal 28 Juli 2013. Sedangkan untuk menghitung usia kehamilan Anda, maka tinggal menghitungnya setiap tanggal 28, jadi pada tanggal 28 November usia kehamilan Anda adalah 1 bulan, pada tanggal 28 Desember usia kehamilan Anda adalah 2 bulan dan begitu seterusnya. Akan tetapi sebaiknya, untuk hari perkiraan lahir anda tambahkan dengan tenggang waktu kurang atau lebih 7 hari.

Selain menghitung usia kehamilan dengan menggunakan metode penghitungan HPHT, Anda juga bisa Menghitung Usia Kehamilan Secara Online dengan menggunakan alat hitung di bawah ini atau bisa disebut dengan Kalkulator Kehamilan.

  • Anda dapat memperkirakan kondisi janin dan menghitung tanggal lahir bayi.
  • Fasilitas ini hanya memberikan gambaran dari perhitungan standar dalam menentukan usia kehamilan.
  • Untuk perhitungan lebih detail, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.
  • Aplikasi kalkulator kehamilan di atas dibuat oleh Ramah Handoko, former owner of IbuHamil.com
Mau beli power bank? baca dulu artikel review tentang ESER Unlimited Power Bank ini.
Description: Cara Menghitung Usia Kehamilan Online
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Cara Menghitung Usia Kehamilan Online
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo! | Bing | Wikipedia
Copyrights © 2012-2013 Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Modified by Berita Terkini
Proudly Powered by Blogger