Tips Menjaga Kesehatan

Unknown | 11:49 PM | 0 comments |
Views:
Tips Menjaga Kesehatan, Cara Menjaga Kesehatan, Tips Cara Menjaga Kesehatan, Menjaga Kesehatan, Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan, Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Bagaimana Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Menjaga Kesehatan | Cara Menjaga Kesehatan - Sebagai manusia, kita semua tentunya ingin selalu memiliki kondisi tubuh yang tetap fit dan selalu sehat. Namun banyak sekali orang yang kurang memperhatikan dan mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh mereka sendiri sehingga mereka sering kali terjangkit penyakit yang bisa saja datang sewaktu-waktu.

Apalagi di jaman modern seperti sekarang ini banyak sekali pilihan makanan yang sebenarnya tidak boleh kita konsumsi terlalu sering. Hal ini dikarenakan cara mengolah makanan tersebut yang mungkin tidak baik untuk kesehatan kita atau bahan yang dipakai dalam mengolah makanan tersebut banyak mengandung bahan pengawet ataupun bahan yang tidak seharusnya digunakan dalam makanan atau bisa jadi mengandung bahan yang seharusnya tidak untuk dikonsumsi seperti pewarna tekstil dan lain sebagainya.

Selain faktor makanan dan bahan makanan, ternyata faktor lingkungan juga banyak mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh kita. Kita harus benar-benar tahu tentang bagaimana menjaga lingkungan sekitar kita sehingga ini menjadikan sebuah cara menjaga kesehatan yang sangat ampuh yang harus Anda lakukan. Dan juga tidak lupa faktor lain yang sangat mempengaruhi kesehatan adalah pola makan dan juga faktor berolah raga. Pola makan kita setiap hari juga harus selalu di jaga dan kita harus tahu kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan aktivitas kita sehari-hari. Dan jangan lupa juga untuk selalu berolah raga secara teratur agar tubuh kita selalu sehat dan bugar.

Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan dan tips untuk menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tetap sehat sehingga aktivitas sehari-hari bisa kita lakukan dengan lancar.

1.       Mengatur Pola Makan
Banyak orang yang tidak bisa mengatur pola makan mereka sehingga hal ini sangat berdampak besar terhadap kesehatan tubuh mereka. Banyak sekali penyakit yang bisa disebabkan jika kita tidak bisa mengatur pola makan kita sendiri. Mulailah untuk mengatur pola makan dengan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan jangan lupa untuk selalu memenuhi zat dan kandungan penting yang diperlukan tubuh untuk membantu daya tahan tubuh kita agar selalu sehat. Dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak perlu untuk kita konsumsi secara berlebih seperti junk food ataupun makanan cepat saji. Karena dua makanan tersebut tidak banyak mengandung berbagai macam zat-zat dan kandungan yang diperlukan oleh tubuh dan hanya akan memberikan efek negative terhadap tubuh jika dikonsumsi secara berlebih dan berkala.

2.       Mengatur Pola Tidur
Nah inilah mungkin yang sering dilupakan oleh banyak orang apalagi bagi kaun muda yang sering begadang sampai malam terlebih lagi saat ada pertandingan sepak bola. Dengan mengatur pola tidur yang cukup, maka kita akan mendpatkan banyak manfaat bagi tubuh kita dan kesehatan kita. Dan perlu diketahui bahwa untuk orang dewasa, waktu tidur yang harus dipenuhi adalah selama kurang lebih 7 – 9 jam dalam sehari. Mungkin And aharus mengetahui beberapa efek yang ditimbulkan jika pola tidur kita tidak teratur yang di antaranya adalah sebagai berikut :
·        Memicu gangguan tidur dan mengurangi vitalitas.
·        Daya ingat, konsentrasi dan berpikir menurun.
·        Memicu obesitas atau kegemukan karena orang yang kurang tidur lebih cenderung untuk mencari makanan yang manis dan berlemak karena hal ini dipengaruhi oleh hormone ghrelin yang meningkat sedangkan hormon leptin menurun
·        Meningkatnya gula darah dalam tubuh atau dalam istilah kesehatan disebut dengan diabetes.
3.       Makan Makanan Bergizi
Makanan yang enak untuk dikonsumsi belum tentu makanan tersebut mengandung gizi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Konsumsilah makanan yang memenuhi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu tubuh beraktivitas dan membantu daya tahan tubuh agar Anda tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancer tanpa kesehatan Anda terganggu. Jangan membeli makanan disembarang tempat karena kita juga tidak tahu persis apakah makanan tersebut sehat atau bisa jadi makanan yang kita beli di sembarang tempat malah mengandung banyak zay-zat yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi seperti menghandung boraks ataupun bahan pengawet lainnya yang tidak baik bagi tubuh. Atau bahkan makanan tersebut mengandung zat pewarna yang seharusnya tidak dipergunakan dalam makanan seperti pewarna tekstil ataupun sejenisnya yang menimbulkan gangguan terhadap kesehatan tubuh kita.

4.       Berolahraga Secara Teratur
Di zaman sekarang banyak juga orang yang lupa untuk menyisihkan waktu mereka untuk melakukan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni olahraga. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang sibuk dengan dunia kerja mereka sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan olahraga. Sebenarnya dengan berolahraga secara rutin dan teratur, akan membawa manfaat yang banyak sekali bagi mereka dan juga tubuh mereka sendiri sehingga tetap sehat dan bugar. Maka dari itu, kita harus menanamkan rasa dan arti dari pentingnya berolahraga bagi tubuh kita, karena olahraga bisa kita artikan secara sederhana yakni menggerakkan seluruh anggota tubuh agar tubuh kita menjadi lebih sehat.

5.       Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Menjaga kesehatan harus dimulai dari diri kita sendiri. Kita harus selalu menjada kebersihan diri sehingga hal ini akan menjadikan kita lebih sehat karena kita bisa menjaga kebersihan diri kita sendiri. Selain kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga harus selalu kita perhatikan, karena lingkungan di sekitar kita banyak berpengaruh terhadap kesehatan kita.Bayangkan saja jika kita hidup di lungkungan yang kirang bersih atau kumuh, maka sudah pasti penyakit akan mudah menghinggapi kita sehingga hal ini sangat tidak sehat dan bukan merupakan tips menjaga kesehatan yang harus Anda lakukan. Jagalah selalu kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon sebagai solusi untuk mengurangi polusi terutama di daerah perkotaan.

6.       Periksa Kesehatan ke Dokter Secara Berkala
Tips menjaga kesehatan atau cara menjaga kesehatan yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah selalu periksakan kesehatan diri ke dokter secara berkala. Hal ini berguna sekali bagi diri kita sehingga kita tahu seperti apa kesehatan tubuh kita dalam kurun waktu tertentu. Karena dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter, paling tidak kita bisa mengetahui apa saja harus kita lakukan agar tubuh kita selalu sehat dan bugar.

Nha itulah tadi beberapa Tips Menjaga Kesehatan dan Cara Menjaga Kesehatan yang bisa Anda lakukan baik untuk ANda sendiri maupun untuk diterapkan dalam keluarga Anda.
Description: Tips Menjaga Kesehatan
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Tips Menjaga Kesehatan
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo! | Bing | Wikipedia
Copyrights © 2012-2013 Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Modified by Berita Terkini
Proudly Powered by Blogger